Polisi Pastikan Video Penculikan Anak di Warembungan Tidak Benar, Pelaku Penyebar Hoax Diperiksa

MANADO  SULUT Рkabardaerah.com Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Jules Abraham Abast menegaskan, beredarnya video melalui pesan berantai dan media sosial terkait kabar penculikan anak di Desa Warembungan, Kecamatan Pieneleng, Kabupaten Minahasa, adalah sama sekali tidak benar alias hoax.

“Berdasarkan hasil penyelidikan Polresta Manado, dapat dipastikan kabar penculikan anak di Desa Warembungan merupakan informasi bohong atau hoax,” katanya.

Video tersebut sebenarnya adalah video terkait penangkapan terhadap pelaku pencurian kendaraan bermotor oleh Tim Resmob Polres Tomohon. Namun ada warga yang menarasikan seolah-olah itu adalah penculikan anak.

“Tim Resmob Polresta Manado telah menemukan seorang perempuan berinisial SS (50), si pembuat video tersebut di Kecamatan Pineleng, pada Kamis (2/2/2023) sekitar pukul 02.00 Wita. Ia juga sudah mengklarifikasi bahwa peristiwa penculikan itu tidak benar. Dan terhadapnya akan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut,” ujar Kombes Pol Jules Abraham Abast.

Terkait hal ini, Kabid Humas Kombes Pol Jules Abraham Abast pun meminta kepada masyarakat agar jangan gampang percaya dengan informasi-informasi yang belum jelas kebenarannya.

“Semua informasi yang beredar di masyarakat harus dicari kebenarannya terlebih dahulu. Warga jangan gampang termakan isu-isu hoax yang dapat meresahkan. Bila perlu konfirmasi kebenarannya ke instansi yang terkait atau ke Kepolisian,” TutupNya.

Red / FM